Dukung Gowes 3000 KM Sabang-Jakarta, Kemenkes : Hebat dan Patut Dicontoh

Posted on : 13 Oct 2017 10:11:22 Dibaca sebanyak : 22 kali

Jakarta, 11 Oktober 2017

Kemenkes apresiasi dan menyambut baik kegiatan Tour Sabang-Jakarta 3000K yang akan dimulai dari titik nol kilometer Sabang, Sabtu (14/10/2017) besok. Menurut Kemenkes, kegiatan tour gowes sebagai salah satu implementasi gerakan masyarakat hidup sehat.

''Tour Gowes Sabang-Jakarta 3000K ini hebat dan patut dicontoh. Kami apresiasi!'' kata Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes dr. Anung Sugiantono, M.Kes saat ditemui di kantor Kementerian Kesehatan, Rabu (11/10/2017), Jakarta.

Menurut Anung, inisiasi Koseindo IndoHCF dengan Tour Sabang-Jakarta merupakan contoh riil apa yang bisa dilakukan masyarakat dalam berperilaku hidup sehat dengan bersepeda. Dengan ikut kegiatan ini, peserta akan terdorong melakukan pemeriksaan kesehatan untuk deteksi dini penyakit.

''Kita siapkan paket promosi kesehatan yang dibagikan pada titik perhentian setiap etape di puskesmas dan rumah sakit,'' jelas Anung. Tim gowes ini nantinya akan diterima langsung Menteri Kesehatan Nila Moeloek pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (12/11/2017) di kawasan Bundaran HI, Jakarta.

Kegiatan bersepeda dengan nama resmi ''IndoHCF-Koseindo Tour DeSabang-Jakarta 3000K Indonesia Sehat'' yang digelar atas kerjasama antara Klub Gowes Komunitas Kesehatan Indonesia (Koseindo) dan Indonesia Healthcare Forum (IndoHCF). Tim inti gowes terdiri dari 30 orang yang akan menempuh jarak 3.000 kilometer, antara Sabang sampai Jakarta, secara estafet. Di beberapa kota yang dilewati sebagai jalur etape akan disemarakkan dengan acara sepeda gembira (fun bike) dan pengukuhan Klub Gowes KOSEINDO di Banda Aceh, Medan dan Jambi.

''Di setiap kota/desa yang dilalui sepanjang routenya, tim pegowes akan singgah di Puskesmas / rumah sakit sebagai titik finis dan start setiap etapenya, serta akan menyerahkan perlengkapan promosi kesehatan dan paket bantuan untuk dukungan program kesehatan yang antara lain paket sosialisasi program GERMAS dari DITJEN KESMAS KEMENKES RI, kampanye program BKKBN serta pelbagai sosialisasi program JKN dari BPJS Kesehatan,'' kata Ketua Umum Koseindo Brigjen TNI (Purn.) Dr. dr. Supriyantoro, Sp.P, MARS, selaku panitia penyelenggara.

Tour sepeda dengan pesan Indonesia Sehat ini menggandeng banyak sekali pemangku kepentingan kesehatan baik di daerah dan pusat. Diantaranya adalah Kementerian Kesehatan RI, BKKBN, BPJS Kesehatan, Dinas Kesehatan TNI (khususnya TNI AD, TNI AL) & POLRI, rumah sakit Khususnya RS TNI, RSUD, RS Vertikal maupun RS Swasta (salah satunya dari Group Hermina) dan Pemda/Dinas Kesehatan setempat serta beberapa Kodam dan Polda.

Rute ''IndoHCF-Koseindo Tour DeSabang-Jakarta 3000K Indonesia Sehat'' dibagi menjadi 20 etape yang dikelompokan menjadi 3 group etape. Yaitu Group etape A : Sabang Tebing Tinggi (935,7 KM), Group etape B : Tebing Tinggi Jambi (1.104,7 KM) dan Group etape C : Jambi Jakarta (880,7 KM) dengan total waktu tempuh sekitar 3 4 minggu.

Selain menyemarakkan Hari Kesehatan Nasional, Tour DeSabang Jakarta 3000K ini bertujuan mempromosikan kesadaran masyarakat dalam perilaku hidup sehat melalui olahraga sepeda yang sekaligus juga merupakan olah raga yang ramah lingkungan. Disamping itu pula, tour sepeda ini akan memperkenalkan potensi alam, budaya, adat dan istiadat mulai dari Sabang sampai Jakarta.

Sebagai informasi, pendukung utama tour Sabang-Jakarta 3000K Indonesia Sehat ini adalah IndoHCF yang merupakan organisasi nirlaba independen dengan membawa misi sebagai bentuk kontribusi swasta dalam PPP (Public Private Partnership) guna mendukung pelbagai program kesehatan di Indonesia.

ARSIP TULISAN
LINK WEB TERKAIT
VIDEO