Kontak Kami Pengaduan F.A.Q Webinar

Rencanakan Makanan Sehari-Hari agar Terhindar dari Masalah Kesehatan

Pola hidup sehat milik seseorang dapat didukung dengan melakukan berbagai cara. Hal ini bisa didapat bukan hanya melalui olahraga namun juga dengan perencanaan sehari-hari.

Pakar nutrisi, dr Tan Shot Yen menyarankan, apabila ingin terhindar dari bencana seperti timbulnya berbagai penyakit, Anda bisa membuat meal planner atau rencana makanan yang ingin Anda konsumsi dalam seminggu ke depan.

"Buatlah rencana (makan) untuk menghindari bencana (kesehatan). Buat meal planner, misal Senin ayam, Selasa tahu, Rabu ikan, dan seterusnya," ucap dr Tan dalam dialog terkait Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). 

Disiplin juga diperlukan untuk menjalankan pola hidup sehat. "Kalau Anda buat perencanaan hanya boleh makan santan di hari Jumat, maka hari-hari sebelumnya jangan makan santan," tambahnya. 

"Bukan hanya sehat, tapi juga harus seimbang. Artinya tiap kali makan harus ada karbohidrat, protein, dan lemak. Jangan cuma karena mau langsing, makannya buah saja," ucap dr Tan.

Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek menambahkan, piring makanan yang ideal dan sehat seharusnya berisi 1/2 piring buah dan sayur, 1/2 piring lagi berisi 1/3 lauk pauk, dan 2/3 makanan pokok.

Makanan sehat adalah makanan yang semakin dekat dengan bentuk aslinya di alam. Semakin sedikit diolah, maka akan semakin sehat.

Sesuaikan asupan makanan dengan usia
Dr Tan mengatakan, asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh pun sebaiknya disesuaikan dengan usia. Biasanya yang membutuhkan asupan karbohidrat tinggi adalah anak-anak yang sedang mengalami masa tumbuh kembang. 

Apabila sudah tidak berada di masa itu, Anda tidak lagi memerlukan asupan yang berlebihan.

"Bedakan makanan untuk cucu dan lansia. Pakaian kita aja semakin tua semakin berubah. Kalau Anda saja berdandan dengan cara yang tidak sama, Anda juga tidak berhak makan makanan yang sama," jelas dr Tan.

Terdapat siklus kehidupan yang dialami oleh seorang manusia yaitu usia tumbuh kembang, produktif, dan usia lanjut. Oleh karena itu, sebaiknya kamu tidak menyamakan asupan makanan untuk tiga tahap tersebut.

 
 
Tags: Kegiatan Kementerian Kesehatan, Isu,
Responsive image
Responsive image

Registrasi vaksinasi COVID-19

Repost Kementerian Kesehatan sediakan layanan registrasi…

Responsive image

5 Prioritas Bidang Kesehatan dalam…

Tema kesehatan menjadi satu dari tiga tema besar…

Responsive image

Cuci Tangan Pakai Sabun Cegah…

Direktur Kesehatan Keluarga, Kementerian Kesehatan…

Responsive image

KENALI GEJALA AWAL TERINFEKSI…

Pandemi virus corona yang telah dinyatakan WHO…

Responsive image

Rancangan Strategis Kemenkes 2020-2024

Pertemuan Penguatan Program Kesehatan Pusat dan…

Responsive image

DPR

Sosialisasi Ke Masyarakat bersama Mitra Kementerian…

Responsive image

bogor

Pelantikan DPC Bogor ini merupakan pengabungan…

Responsive image

Riau

Pada Tanggal 24 November 2021 dilaksanakannya kegiatan…

Responsive image

dpd sumsel

Pada Tanggal 18 November Dewan Pengurus…

Responsive image

dpc Jambi

Pada tanggal 10 November 2021 pelantikan…