Jambore Malaria di Kab Halmahera Barat Prov Maluku Utara 2019

Negara-negara anggota WHO – termasuk Indonesia – telah menyepakati bahwa  setiap tanggal 25 April diperingati sebagai Hari Malaria Sedunia dan saya bahagia karena kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan Rakerkesda Provinsi Maluku Utara

Tema Global Hari Malaria Sedunia tahun ini adalah: Ends Malaria for Good dengan tema nasional  Bebas Malaria Prestasi Bangsa dan tema jambore PLA adalahMemperkuat Kemitraan menuju Maluku Utara Bebas Malaria”

Dalam RPJMN tahun 2015-2019,  Eliminasi Malaria  merupakan salah satu sasaran utama, dan juga sebagai  Indikator Kinerja Program (IKP) dari  pengendalian penyakit dan penyehatan lingkungan dengan  target  jumlah kabupaten /kota yang mencapai eliminasi malaria. Sampai tahun 2018 sejumlah 285 kabupaten/kota telah mencapai eliminasi.

Saya sampaikan bahwa ini adalah untuk ke dua kalinya saya menghadiri acara Jambore Fasilitator PLA, karena acara ini sangat bermakna, dengan   menghadirkan para  Kader Malaria Desa dari berbagai penjuru Maluku Utara.

Peran Kader Malaria Desa sangat penting dalam memperluas jangkauan Pengendalian Malaria, utamanya dalam deteksi dini dan pencegahan Malaria. Pada kesempatan yang baik ini saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada segenap Kader Malaria Desa dan Kader Kesehatan di seluruh Tanah Air yang telah turut menyukseskan Pembangunan Kesehatan.

Kita patut bersyukur bahwa upaya pengendalian Malaria di Indonesia secara nasional telah menunjukkan hasil yang menggembirakan. Sampai akhir tahun 2017, angka kasus malaria per tahun atau Annual Parasite Insidence (API) nasional sudah mencapai kurang dari satu per 1000 penduduk dan jumlah kabupaten/kota yang sudah bebas malaria tahun 2018 sebanyak 285 berarti sekitar 74% penduduk Indonesia, tinggal di daerah bebas penularan Malaria.

          Sekitar 80?ri jumlah  kasus Malaria di Indonesia pada tahun 2017 masih berasal dari 4 provinsi wilayah timur, yaitu Papua, Papua Barat, NTT dan Maluku Angka kasus pertahun  (API) pada akhir tahun 2017 : 0,99 per 1000 penduduk, menurun bila dibandingkan dengan API pada tahun 2012 (5,08) per 1000 penduduk.

Apresiasi saya sampaikan pula kepada para Bupati/Walikota se- Provinsi Maluku Utara beserta jajarannya yang telah berhasil menurunkan angka kesakitan malaria dari API 9,04 per 1000 penduduk  tahun 2010 menjadi API  0,44 tahun 2018. Dari 10 kabupaten/kota di Provinsi Maluku Utara, 8  kabupaten/kota telah mencapai API <1> yang API nya <1>

Saya berharap 4 tahun dari sekarang yaitu pada tahun 2023 seluruh kabupaten/kota di provinsi Maluku Utara telah mencapai eliminasi. Masalah Malaria adalah masalah kompleks, karena terkait dengan perubahan lingkungan, kondisi iklim, mobilitas penduduk dan perilaku masyarakat. Meskipun demikian, jika pencapaian Eliminasi Malaria dilaksanakan : (1) secara terpadu,  (2) melibatkan semua komponen masyarakat, (3) dilakukan secara terus menerus,  dan  (4) diarahkan pada sasaran yang tepat,  pastilah   akan memberikan hasil yang maksimal. Saya berharap agar upaya-upaya perbaikan lingkungan dan perubahan perilaku kearah yang lebih sehat perlu dilakukan secara sistimatis dan terencana oleh semua pemangku kepentingan terkait seperti yang selama ini sudah dilaksanakan oleh Pemda Maluku Utara melalui Participatry Learning and Action atau PLA dan Malaria Center.”  

 

Tags: Kesehatan,
Responsive image
Responsive image

5 Prioritas Bidang Kesehatan dalam…

Tema kesehatan menjadi satu dari tiga tema besar…

Responsive image

Rancangan Strategis Kemenkes 2020-2024

Pertemuan Penguatan Program Kesehatan Pusat dan…

Responsive image

Cuci Tangan Pakai Sabun Cegah…

Direktur Kesehatan Keluarga, Kementerian Kesehatan…

Responsive image

Kemenkes Optimalkan PSN Cegah…

Memperingati Asean Dangue Day (ADD) 2017 15…

Responsive image

Pelantikan Jabatan Struktural…

20 Januari 2016   KEPUTUSAN…

Responsive image

Pencairan Insentif Nakes Penanganan…

Kementerian Kesehatan bersama Kementerian Keuangan…

Responsive image

Rekrutmen CPNS 2020 ditiadakan

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi…

Responsive image

Kasus Positif COVID-19 Bertambah…

Pemerintah Indonesia melalui Gugus Tugas Percepatan…

Responsive image

UPDATE DATA CORONA 9 JULI 2020…

UPDATE DATA CORONA 9 JULI 2020 DI INDONESIA…

Responsive image

Menkes Terbitkan Protokol Kesehatan…

Jakarta, 2 Juli 2020 Secara bertahap pemerintah…