Tiga Bentuk Kerjasama Cegah Ancaman Kesehatan

24 Oktober 2017

 

Presiden RI Joko Widodo mengatakan untuk mencegah munculnya ancaman kesehatan diperlukan tiga bentuk kerja sama. Hal tersebut disampaikan mengingat penyebaran penyakit antar negara dapat terjadi kapan saja.

Dunia terasa datar, dekat, pergerakan manusia makin cepat antar negara, antar benua. Pertukaran informasi berlangsung lebih cepat lagi. Dalam hitunga detik, informasi sudah tersebar ke seluruh dunia. Tapi itu juga artinya penyebaran wabah penyakit menjadi semakin cepat. Penyakit yang muncul di bagian Utara dunia dapat cepat menular ke bagian Selatan dunia, kata Presiden Jokowi pada Peresmian International Conference and Table Top Exercise for Global Health Security 2017 di Istana Negara Jakarta, Selasa (24/10).

Perkembangan kondisi global dapat mengakibatkan terjadinya penyebaran wabah penyakit lama maupun penyakit baru yang setiap saat dapat menjadi ancaman kesehatan dunia dan nasional. Perubahan iklim yang ekstrim dapat berujung pada bencana alam yang mendatangkan penyakit.

Meningkatnya populasi dunia yang memberi beban lebih kepada lingkungan dan makin terbatasnya ketersediaan sumber makanan serta air bersih dapat memunculkan penyakit menular seperti diare, kolera, hepatitis, flu burung, flu babi, ebola, antraks, bahkan HIV/AIDS. Tetapi alhamdulilah penyakit-penyakit itu sudah dapat dicegah penyebaran globalnya. Ini berkat kerjasama seluruh pemangku kepentingan sektor kesehatan dunia, tambah Jokowi.

Di samping itu, Preside Jokowi juga mengatakan harus mewaspadai perkembangan teknologi yang disalahgunakan oleh teroris dengan bioterorisme. Yakni, sebuah bentuk terorisme dengan cara memasukkan bahan-bahan kimia atau biologis berbahaya ke dalam makanan, minuman atau menyebarkannya ke dalam ruangan tertutup.

Untuk mencegah munculnya ancaman kesehatan maka diperlukan tiga bentuk kerjasama. Pertama, kerja sama lintas praktisi kesehatan dalam sebuah negara Indonesia atau disebut dengan sistem kesehatan pertahanan negara. Komponennya meliputi, bidang kesehatan TNI, bidang kesehatan pemerintah pusat, bidang kesehatan pemerintah daerah, dan masyarakat.

Segenap komponen sistem kesehatan petahanan negara adalah satu kesatuan yang tidak terpisahkan dalam kerangka besar negara. Ketahanan kesehatan ini sangat penting terutama dalam menjangkau daerah terpencil yang masih minim akses pelayanan kesehatan, tambah Presiden Jokowi.

Kedua, diperlukan kerjasama lintas sektor dalam sebuah negara. Sekat-sekat ego antar organisasi harus diruntuhkan demi menjaga kesehatan masyarakat. Lebih tepatnya harus ada kerja sama yang kuat antara sektor kesehatan, sektor migrasi, sektor pariwisata, eksport, peternakan, pertanian, termasuk badan layanan spt BPOM.

Ketiga, diperlukan kerja sama lintas negara. Karena yang dihadapi adalah masalah global, maka diperlukan kerja sama secara global.

''Seperti melalui forum ini. Keahlian dan kemampuan Saudara-saudara harus terhubung satu sama lain untuk menghadapi ancaman kesehatan global tersebut,'' kata Presiden Jokowi.

Selain itu, Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek mengatakan kejadian luar biasa (KLB) bisa terjadi kapan saja dan dengan mobilisasi penduduk yang begitu cepat.

''Dulu kita menghadapi flu burung pada tahun 2006, kemudian dunia dihebohkan dengan ebola,'' kata Menkes Nila.

 
Tags: Kegiatan Kementerian Kesehatan,
Responsive image
Responsive image

5 Prioritas Bidang Kesehatan dalam…

Tema kesehatan menjadi satu dari tiga tema besar…

Responsive image

Cuci Tangan Pakai Sabun Cegah…

Direktur Kesehatan Keluarga, Kementerian Kesehatan…

Responsive image

Rancangan Strategis Kemenkes 2020-2024

Pertemuan Penguatan Program Kesehatan Pusat dan…

Responsive image

Kemenkes Optimalkan PSN Cegah…

Memperingati Asean Dangue Day (ADD) 2017 15…

Responsive image

Pelantikan Jabatan Struktural…

20 Januari 2016   KEPUTUSAN…

Responsive image

UPDATE DATA CORONA 2 APRIL 2020…

UPDATE DATA CORONA 2 APRIL 2020 di Indonesia, tetap…

Responsive image

PRESIDEN Jokowi Resmikan Wisma…

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan meresmikan…

Responsive image

Gandeng Gojek dan Grab, Kemenkes…

Di tengah pandemi global Covid-19, kemudahan akses…

Responsive image

SELAMAT BERJUANG KEPADA SELURUH…

Satu per satu tenaga…

Responsive image

PENGEMBANGAN WISATA KEBUGARAN…

Pariwisata merupakan sektor penghasil terbesar…