Strategi Pemerintah di Kabupaten Karawang dalam Membangun Kesehatan

21 Oktober 2017

 

Pemerintah di Kabupaten Karawang dalam hal ini Dinas Kesehatan dan Pemerintah Kabupaten Karawang memiliki beberapa strategi dalam membangun kesehatan masyarakatnya. Strategi tersebut, yakni membangun Rumah Sakit Paru-paru, Puskesmas dengan fasilitas perawatan, dan perbaikan sanitasi.

Hal itu disampikan Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga, Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang, Muhammad Alwi pada sosialisasi Germas di kantor Desa Jatiragas, Kecamatan Jatisari, Kabupaten Karawang, Sabtu (21/10).

Ia mengatakan bahwa penduduk di Kabupaten Karawang bertambah setiap harinya, baik yang tercatat atau tidak. Pada 2015 tercatat 2,2 juta penduduk, kini mencapi 2,9 juta penduduk yang terdaftar.

Kaitannya dengan hal itu diperlukan strategi dari pemerintah daerah untuk membangun kesehatan masyarakat sekaligus mendukung program Germas. Strategi itu, yakni membangun Rumah Sakit Paru-paru, Puskesmas dengan fasilitas perawatan, dan perbaikan sanitasi.

''Tahun depan akan membangun RS Paru di Jatisari. Teknisnya nanti petugas RS akan mendatangi warga yang menderita penyakit paru kemudian dirawat di RS tersebut,'' kata Alwi.

Ia menambahkan ada pula program Bupati Karawang, yakni pembangunan Puskesmas dengan fasilitas perawatan di setiap kecamatan di Karawang. Saat ini baru ada 19 Puskesmas dengan fasilitas perawatan dari 30 Puskesmas.

Selain itu, perbaikan sanitasi menjadi prioritas dalam pembangunan kesehatan di Kabupaten Karawang. Pemerintah gencar melakukan perbaikan di semua wilayah di Kabupaten Karawang.

''Dengan strategi itu diharapkan dapat meningkatkan pembangunan kesehatan masyarkat di Karawang sekaligus mendorong masyarakat untuk membiasakan hidup bersih dan sehat,'' kata Alwi.

Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat,Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email kontak[at]kemkes[dot]go[dot]id.

 
Tags: Kegiatan Kementerian Kesehatan, Kesehatan,
Responsive image
Responsive image

5 Prioritas Bidang Kesehatan dalam…

Tema kesehatan menjadi satu dari tiga tema besar…

Responsive image

Rancangan Strategis Kemenkes 2020-2024

Pertemuan Penguatan Program Kesehatan Pusat dan…

Responsive image

Cuci Tangan Pakai Sabun Cegah…

Direktur Kesehatan Keluarga, Kementerian Kesehatan…

Responsive image

Kemenkes Optimalkan PSN Cegah…

Memperingati Asean Dangue Day (ADD) 2017 15…

Responsive image

Pelantikan Jabatan Struktural…

20 Januari 2016   KEPUTUSAN…

Responsive image

Pencairan Insentif Nakes Penanganan…

Kementerian Kesehatan bersama Kementerian Keuangan…

Responsive image

Rekrutmen CPNS 2020 ditiadakan

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi…

Responsive image

Kasus Positif COVID-19 Bertambah…

Pemerintah Indonesia melalui Gugus Tugas Percepatan…

Responsive image

UPDATE DATA CORONA 9 JULI 2020…

UPDATE DATA CORONA 9 JULI 2020 DI INDONESIA…

Responsive image

Menkes Terbitkan Protokol Kesehatan…

Jakarta, 2 Juli 2020 Secara bertahap pemerintah…