Kebutuhan Kesehatan Bertambah Setiap Tahunnya

Anggota DPR RI Komisi IX, Putih Sari mengatakan setiap tahunnya kebutuhan kesehatan selalu bertambah. Kebutuhan tersebut diakibatkan karena banyaknya jumlah kesakitan akibat penyakit menular dan tidak menular.

''DPR terus mendorong Kemenkes untuk bisa menciptakan strategi dalam menekan angka kesakitan,'' kata Putih Sari pada Sosialisasi Germas di Kantor Desa Jatiragas, Kecamatan Jatisari, Kabupaten Karawang, Sabtu (21/10).

Putih menambahkan bahwa hal tersebut sebenarnya harus diupayakan bersama. Kemenkes dan DPR tidak akan bisa menjangkau derajat kesehatan tanpa bantuan masyarakat.

Masyarakat harus memahami dan menerapkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) agar jumlah kesakitan akibat penyakit menular dan tidak menular bisa ditekan.

''Tujuan Germas adalah supaya masyarakat tetap sehat, yang sakit diupayakan sehat dan yang sehat makin sehat,'' kata Putih Sari.

Diharapkan, lanjut Putih, masyarakat bisa menerapkan Germas minimal aktifitas fisik, makan buah, sayur, dan ikan, serta cek kesehatan secara berkala.

Selain itu, Putih mengajak warga yang hadir sepulang dari kegiatan sosialisasi ini memiliki komitmen untuk menerapkan Germas. Hal itu bisa dimulai dari diri sendiri, keluarga, tetangga, dan tingkat desa.

''Misalnya peregangan, ini bisa dilakukan disekitar kita, di rumah, di kantor desa, sehingga terciptalah keseragaman hidup sehat dan menjadi manusia sehat jasmani dan rohani,'' tambah Putih.

Banyak keuntungan bila hidup sehat, di antaranya produktif. Putih mengingatkan kalau masyarakat indonesia sehat kesempatan membangun bangsa berkualitas akan lebih tinggi.

''Sekali lagi saya ingatkan, sudah menjadi tanggung jawab kita semua untuk mensosialisasikan dan menerapkan Germas di keluarga, tetangga sampai masyarakat luas,'' kata Putih Sari

Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat,Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email kontak[at]kemkes[dot]go[dot]id.

 
Tags: Kegiatan Kementerian Kesehatan, Kesehatan,
Responsive image
Responsive image

5 Prioritas Bidang Kesehatan dalam…

Tema kesehatan menjadi satu dari tiga tema besar…

Responsive image

Cuci Tangan Pakai Sabun Cegah…

Direktur Kesehatan Keluarga, Kementerian Kesehatan…

Responsive image

Rancangan Strategis Kemenkes 2020-2024

Pertemuan Penguatan Program Kesehatan Pusat dan…

Responsive image

Kemenkes Optimalkan PSN Cegah…

Memperingati Asean Dangue Day (ADD) 2017 15…

Responsive image

Pelantikan Jabatan Struktural…

20 Januari 2016   KEPUTUSAN…

Responsive image

UPDATE DATA CORONA 2 APRIL 2020…

UPDATE DATA CORONA 2 APRIL 2020 di Indonesia, tetap…

Responsive image

PRESIDEN Jokowi Resmikan Wisma…

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan meresmikan…

Responsive image

Gandeng Gojek dan Grab, Kemenkes…

Di tengah pandemi global Covid-19, kemudahan akses…

Responsive image

SELAMAT BERJUANG KEPADA SELURUH…

Satu per satu tenaga…

Responsive image

PENGEMBANGAN WISATA KEBUGARAN…

Pariwisata merupakan sektor penghasil terbesar…