Kontak Kami Pengaduan F.A.Q Webinar

Siaga Kesehatan Harus Lebih Tinggi

Karangasem, 26 September 2017

Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek mengatakan bidang kesehatan harus siaga lebih tinggi mengingat aktivitas Gunung Agung, Kabupaten Karangasem, Bali, terus meningkat. Antar rumah sakit di Bali diharapkan dapat berkoordinasi dengan baik.

''Tenaga Kesehatan harus benar-benar siap membantu para pengungsi. Karena bencana tidak bisa diramalkan. Apapun kita harus siap, kita harus siaga,'' kata Menkes Nila pada kunjungannya ke RSUD Karangasem untuk meninjau kesiagaan menghadapi bencana, Selasa (26/9).

Posisi RSUD Karangasem lebih dekat dengan Gunung Agung. Namun pelayanan masih tetap dilakukan sebagai antisipasi bila ada pasien darurat.

Kepala Dinas Kesehatan Bali, dr. Ketut Suarjaya, MPPM mengatakan seluruh pasien di sana telah diungsikan ke posko utama di Ulakan.

''Rumah sakit ini (RSUD Karangasem) area tidak aman, di sisi lain kita siapkan antisipasi kalau ada dampak yang kemungkinan terjadi,'' kata dr. Ketut.

Status aktivitas gunung Agung naik menjadi awas (level IV) sejak Jumat (22/9). Kendali bidang kesehatan telah dialihkan dari tingkat kabupaten ke provinsi.

Kesiagaan tim kesehatan sudah diposisikan di posko-posko utama dan pos-pos bantu. Ada 7 posko utama yang disiagakan, 5 posko di Kabupaten Karangasem, 1 di Klungkung, dan 1 lagi Buleleng. Selain itu, ada pos-pos kecil di sekitar posko utama untuk mengkaver pengungsi.

''Di posko utama kami tempatkan tenaga jesehatan 24 jam. Sementara di pos-pos kecil dibantu oleh tim kesehatan dari Puskesmas, seperti untuk penyediaan obat-obatan, dan alat kesehatan,'' tambah dr. Ketut.

Sementara ini, ungkap dr. Ketut, di posko utama telah ditempatkan dokter umum, perawat, bidan, tenaga farmasi, dan dibantu tenaga kesehatan lainnya. Selain itu, dokter spesialis disiagakan di setiap rumah sakit.

Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat,Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline 1500-567,SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email kontak[at]kemkes[dot]go[dot]id.

 
Tags: Kegiatan Kementerian Kesehatan, Kesehatan,
Responsive image
Responsive image

Registrasi vaksinasi COVID-19

Repost Kementerian Kesehatan sediakan layanan registrasi…

Responsive image

5 Prioritas Bidang Kesehatan dalam…

Tema kesehatan menjadi satu dari tiga tema besar…

Responsive image

Cuci Tangan Pakai Sabun Cegah…

Direktur Kesehatan Keluarga, Kementerian Kesehatan…

Responsive image

Rancangan Strategis Kemenkes 2020-2024

Pertemuan Penguatan Program Kesehatan Pusat dan…

Responsive image

KENALI GEJALA AWAL TERINFEKSI…

Pandemi virus corona yang telah dinyatakan WHO…

Responsive image

Penyelenggaraan Vaksinasi Massal…

Pelaksanaan Sosialisasi Pentingnya Vaksinasi Covid…

Responsive image

Penyelenggaraan Vaksinasi Massal…

Kegiatan dalam rangka pendampingan Bapak Melkiades…

Responsive image

Dorong Kemandirian Alat Kesehatan…

Industri alat kesehatan dalam negeri merupakan…

Responsive image

Aplikasi PeduliLindungi Aman,…

Menanggapi informasi yang beredar terhadap dugaan…

Responsive image

Vaksin Nusantara Bersifat Individual…

Menanggapi ramainya pemberitaan terkait vaksin…