Persiapan Pelayanan Kesehatan Jemaah Haji di Arab Saudi

19 Juni 2017

Kementerian Kesehatan melakukan kunjungan ke Arab Saudi dari tanggal 14-25 Juni 2017 dalam rangka mempersiapkan pelayanan kesehatan jemaah haji di Arab Saudi. Kunjungan yang terdiri dari 4 tim ini dipimpin Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes RI, Dr.dr.Eka Jusup Singka MSc bertujuan untuk memastikan semua sarana, sumber daya manusia, peralatan kesehatan, obat, ambulan, gedung dan sarana pendukung dalam keadaan siap melayani jemaah haji.

Menurut Kapus Haji, dirinya dan tim sedang menyiapkan pelayanan kesehatan haji di Arab Saudi. Saat ini sedang melakukan proses pengadaan sewa ambulan sebanyak 15 buah. Menyiapkan catering jemaah haji sakit dan petugas kesehatan.

Selain itu juga sedang mempersiapkan pengadaan alat alat kesehatan untuk Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Baru di Aziziyah serta pemenuhan tenaga pendukung kesehatan (TPK) yang akan membantu pelaksanaan pelayanan kesehatan haji di Arab saudi.

Menurut dr.Eka, dengan berkurangnya petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) sebanyak 38 orang. Maka, tahun ini penempatan tenaga di bandara ditiadakan namun tetap diberikan pelayanan melalui emergensi ambulan. Selanjutnya, petugas non kesehatan menjadi tenaga penghubung kepada petugas kesehatan di Bandara.

''Tahun ini ada peningkatan jumlah TPK dari 120 orang menjadi 160 orang untuk mengantisipasi pelayanan yang lebih baik'', ujar dr. Eka.

Kunjungan 4 tim Kemenkes ke Arab Saudi terdiri dari Tim Unit Layanan Pengadaan, Tim Negosiasi KKHI Khalidiyah, Tim pengawas kemajuan KKHI Aziziyah dan Wisma Jeddah, Tim pengadaan ambulan, catering dan alat kesehatan.

Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, dan alamat email kontak[at]kemkes[dot]go[dot]id.

 
Tags: Kegiatan Kementerian Kesehatan,
Responsive image
Responsive image

5 Prioritas Bidang Kesehatan dalam…

Tema kesehatan menjadi satu dari tiga tema besar…

Responsive image

Cuci Tangan Pakai Sabun Cegah…

Direktur Kesehatan Keluarga, Kementerian Kesehatan…

Responsive image

Rancangan Strategis Kemenkes 2020-2024

Pertemuan Penguatan Program Kesehatan Pusat dan…

Responsive image

Kemenkes Optimalkan PSN Cegah…

Memperingati Asean Dangue Day (ADD) 2017 15…

Responsive image

Pelantikan Jabatan Struktural…

20 Januari 2016   KEPUTUSAN…

Responsive image

UPDATE DATA CORONA 7 APRIL 2020…

UPDATE DATA CORONA 7 APRIL 2020 di Indonesia, tetap…

Responsive image

Tetapkan PSBB Jakarta, Ini Penjelasan…

Menteri Kesehatan menetapkan Pembatasan Sosial…

Responsive image

DKI Jakarta Terapkan PSBB

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta segera menerapkan…

Responsive image

PSBB

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mengumumkan…

Responsive image

PRESIDEN Jokowi Resmikan Wisma…

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan meresmikan…