Swiss Jajaki Kerja Sama Kesehatan dengan Indonesia

Menteri Kesehatan Swiss, H.E. Mr. Alain Berset menyampaikan,'Swiss tertarik untuk menjalin kerja sama bidang kesehatan dengan Indonesia'. Hal tersebut ditegaskan Alain Berset dalam pertemuan bilateral dengan Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. Nila F. Moeloek, di Jenewa tanggal 21 Mei 2017. Kedua Menteri Kesehatan sepakat bahwa kedua negara mempunyai potensi kerjasama dalam bidang kesehatan yang dapat dikembangkan. Kerjasama yang dapat dikembangkan antara lain pembangunan kapasitas, penelitian, kerjasama dalam bidang vaksin dan obat.

Lebih lanjut Menkes Swiss juga menyampaikan bahwa Pemerintah Swiss mendukung WHO dalam program eradikasi dan eliminasi Neglected Tropical Diseases (NTD) dengan menyediakan dana sebesar 60 juta dollar untuk mendukung anggota WHO. Pemerintah Swiss bersedia mendukung Indonesia dalam upaya memberantas Neglected Tropical Diseases seperti misalnya malaria, schistosomiasis dan kusta. Menkes Swiss juga menawarkan kerjasama dalam penanganan masalah narkoba mengingat Swiss mempunyai pengalaman terbaik dalam penanganan narkoba di negaranya.

Tindak lanjut dari pertemuan bilateral ini diusulkan untuk menyelenggarakan suatu seminar dengan mengundang para pakar untuk membahas konkrit bentuk kerjasama yang akan diusulkan dan diharapkan kerjasama ini dapat dituangkan dengan penandatangan perjanjian kerjasama kedua negara dalam bidang kesehatan.

Pertemuan bilateral Menteri Kesehatan RI-Swiss ini diadakan di sela-sela kedua Menteri menghadiri World Health Assembly ke-70 di Jenewa tanggal 22-31 Mei 2017.

Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui hotline 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email kontak[at]kemkes[dot]go[dot]id.

Tags: Kegiatan Kementerian Kesehatan,
Responsive image
Responsive image

5 Prioritas Bidang Kesehatan dalam…

Tema kesehatan menjadi satu dari tiga tema besar…

Responsive image

Rancangan Strategis Kemenkes 2020-2024

Pertemuan Penguatan Program Kesehatan Pusat dan…

Responsive image

Cuci Tangan Pakai Sabun Cegah…

Direktur Kesehatan Keluarga, Kementerian Kesehatan…

Responsive image

Kemenkes Optimalkan PSN Cegah…

Memperingati Asean Dangue Day (ADD) 2017 15…

Responsive image

Pelantikan Jabatan Struktural…

20 Januari 2016   KEPUTUSAN…

Responsive image

Pencairan Insentif Nakes Penanganan…

Kementerian Kesehatan bersama Kementerian Keuangan…

Responsive image

Rekrutmen CPNS 2020 ditiadakan

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi…

Responsive image

Kasus Positif COVID-19 Bertambah…

Pemerintah Indonesia melalui Gugus Tugas Percepatan…

Responsive image

UPDATE DATA CORONA 9 JULI 2020…

UPDATE DATA CORONA 9 JULI 2020 DI INDONESIA…

Responsive image

Menkes Terbitkan Protokol Kesehatan…

Jakarta, 2 Juli 2020 Secara bertahap pemerintah…