Sehat Tanpa Korupsi

5 Juni 2017

Sebuah pepatah menyatakan bahwa perubahan adalah keniscayaan. Perubahan merupakan reaksi dari sebuah tekanan, tuntutan, kewajiban atau mungkin kebutuhan. Merupakan kewajiban pemerintah untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat, sekaligus memeliharanya dari berbagai hal yang berpotensi dapat menurunkan kepercayaan masyarakat dengan cepat.

Tekad inilah yang ditanamkan di lingkungan Kementerian Kesehatan, mulai dari pucuk pimpinan hingga pegawai baru sejak hari pertama ditugaskan, bahwa kontribusi masing-masing pribadi dapat mempengaruhi, berpotensi besar menaikkan bahkan memperburuk citra dan reputasi institusi.

Akhir Mei lalu, Kementerian Kesehatan RI berhasil mendapat penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pengawas Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) terkait pengelolaan keuangan tahun anggaran 2016. Penghargaan tersebut sebagai bukti bahwa pengelolaan keuangan Kemenkes dilakukan dengan benar dan transparan.

Selain itu, Kementerian Kesehatan juga pernah mendapatkan penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK-RI) selama dua tahun berturut-turut. Pada gelaran festival Anti Korupsi tahun 2015 yang diselenggarakan di Sabuga ITB Bandung, Kementerian Kesehatan meraih penghargaan sebagai Kementerian yang telah menerapkan pengendalian Gratifikasi dengan jumlah Laporan Gratifikasi terbanyak tahun 2015 sebanyak 104 laporan.

Semantara itu, bertepatan dengan peringatan Hari Anti Korupsi Internasional tahun 2017 d Pekanbaru, Kemenkes mendapatkan penghargaan atas Tingginya Tingkat Kepatuhan dan Tingkat Keaktifan Pengelolaan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) Tahun 2016 serta sebagai Kementerian dengan Sistem Pengendalian Gratifikasi Terbaik Tahun 2016

'Sehat bukan hanya fisik yang terlindungi dari berbagai penyakit, namun juga mental yang kuat untuk menghindarkan diri dari perbuatan yang merugikan, salah satunya adalah korupsi,' tandas Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI, Oscar Primadi, di Jakarta (5/6).

Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, dan alamat email kontak[at]kemkes[dot]go[dot]id.

Tags: Kegiatan Kementerian Kesehatan,
Responsive image
Responsive image

5 Prioritas Bidang Kesehatan dalam…

Tema kesehatan menjadi satu dari tiga tema besar…

Responsive image

Rancangan Strategis Kemenkes 2020-2024

Pertemuan Penguatan Program Kesehatan Pusat dan…

Responsive image

Cuci Tangan Pakai Sabun Cegah…

Direktur Kesehatan Keluarga, Kementerian Kesehatan…

Responsive image

Kemenkes Optimalkan PSN Cegah…

Memperingati Asean Dangue Day (ADD) 2017 15…

Responsive image

Pelantikan Jabatan Struktural…

20 Januari 2016   KEPUTUSAN…

Responsive image

Pencairan Insentif Nakes Penanganan…

Kementerian Kesehatan bersama Kementerian Keuangan…

Responsive image

Rekrutmen CPNS 2020 ditiadakan

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi…

Responsive image

Kasus Positif COVID-19 Bertambah…

Pemerintah Indonesia melalui Gugus Tugas Percepatan…

Responsive image

UPDATE DATA CORONA 9 JULI 2020…

UPDATE DATA CORONA 9 JULI 2020 DI INDONESIA…

Responsive image

Menkes Terbitkan Protokol Kesehatan…

Jakarta, 2 Juli 2020 Secara bertahap pemerintah…